Halaman

Kamis, 10 Januari 2013

Program untuk menghitung tarif PLN reguler dan prabayar - 2013


Berikut saya buatkan program sederhana menggunakan Adobe Flex, untuk menghitung tarif listrik reguler dan prabayar golongan rumah tangga untuk tarif terbaru tahun 2013:


Semoga bermanfaat.

Catatan: untuk cara perhitungan silahkan lihat artikel saya berikut:

Untuk tarif terbaru 2015, silahkan lihat link berikut Program untuk menghitung tarif PLN rumah tangga - 2015

Numpang link
1. Belajar piano gratis dan menyenangkan
2. Software Gratis untuk membuat komposisi musik

15 komentar:

  1. Wah Artikel yang sangat bagus.. saya jadi tahu berapa tarif rumah saya nanti. saya sementara tinggal ama orang tua masih kwh reguler berdaya 900w. Nanti setelah di perumahan sudah memakai kwh prabayar 1300w. saya bisa memperkirakan berapa anggaran listrik kelak. program adobe flek yang bagus... trims. salam kenal hasbas27@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Dear Pak Made,
    salam kenal pak
    salud dengan program bapak...jadi pengen lebih tahu...oh ya pak...sekarang jika di balik bagaimana pak?? misal sisa TOKEN pada meter terbaca pada angka 87,78 Kwh. maka untuk mengetahui berapa sisa Pulsa yang saya miliki berapa yea???
    thx in advance...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tentunya lebih mudah, karena tinggal dikalikan saja dengan harga per Kwh. Misal diasumsikan: batas daya 2200 dengan harga per Kwh Rp 843,- (tarif 1 Jan - 31 Mar 2013), maka dengan menghilangkan komponen tarif yg lain (Bea Admin, Materai, PPJ), maka sisa pulsa yg anda miliki adalah:
      87,78 x 843 = Rp 73.998,54

      Salam.

      Hapus
  3. Terimakasih Pak,sangat membantu saya dalam penjualan token listrik prabayar..ijin copas pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, sedang bisa berbagi.
      Kalau mau di download juga bisa, silahkan lihat http://imudita.blogspot.com/2012/08/cara-download-flash-games-swf-and-flash.html

      Hapus
  4. Terimakasih template itung tarif listriknya Pak.

    BalasHapus
  5. Mencerahkan pak terima kasih, salam kenal

    W.Salim

    BalasHapus
  6. Pak Made, mohon tanya jadi kalau pakai prabayar kita ada rugi di biaya admin ya ? bagi pelanggan yang penting perhitungan sesuai antara prabayar dan reguler. Kemudian mau tanya juga kenapa PPJ itu 3% ya padahal sesuai aturan harusnya 2,4% wilayah jakarta untuk penggunaan listrik selain kebutuhan industri minyak dan gas. Mohon petunjuk.

    Albert

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik prabayar dan regular punya kekurangan dan kelebihan, silahkan lihat artikel saya disini http://imudita.blogspot.com/2011/07/pln-regular-vs-pra-bayar.html
      PPJ itu tiap daerah berbeda.karena ditetapkan oleh pemda setempat. Detailnya silahkan lihat artikel saya berikut:
      http://imudita.blogspot.com/2011/02/cara-menghitung-tarif-pln-pra-bayar.html
      http://imudita.blogspot.com/2011/02/cara-menghitung-tarif-pln-berdasarkan.html

      Di program saya diatas anda dapat memasukan nilai PPJ sesuai aturan di daerah anda.

      Salam,

      Made

      Hapus
  7. Salam kenal Pak Made. Terima kasih atas Program yang sangat berguna.

    BalasHapus
  8. ini sofware Berlaku untuk thn 2014 tidak yach penghitungan nya apakah berlaku untuk tarif sekarang ,kan Pulsa Elektrik ataw listrik naik jumlah kwh yg di dapat pada thn 2013 dan 2014 sekarang beda jauh Pulsa Listrik y sekarang kwh semakin sedikit sekali pulsa y yg masuk ke kwh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yg 2014, silahkan lihat link berikut http://imudita.blogspot.com/2014/07/program-untuk-menghitung-tarif-pln.html

      Hapus

InsMatrix