Selasa, 03 Mei 2011

Perpanjangan SIM di Polres Badung

Tahun lalu saya mendapatkan kesan positif waktu melakukan perpanjangan SIM C dilayanan SIM keliling di Carrefour Denpasar (Jl Sunset Road) sekitar bulan Januari 2010 (lihat artikel saya sebelumnya).

Nah maka dari itu, ketika sadar bahwa SIM A saya sudah habis masa berlakunya (sudah 3 bulan yang lalu), saya berusaha mencari tahu mengenai dimana SIM keliling beroperasi. Namun saya lagi tidak beruntung, karena saya tidak mendapatkan informasi tersebut. Sehingga akhirnya saya melakukan perpanjangan di Polres Badung.

Tidak seperti yang saya duga sebelumnya, ternyata perpanjangan SIM di Polres Badung cukup cepat, walau ada sedikit masalah, berikut ceritanya:

Saya datang jam 8.00 pagi, masih sepi, saya langsung menuju loket pendaftaran (loket 1) dengan membawa SIM & KTP foto copy & asli, karena di pintu gerbang belum ada petugas informasi yang berjaga. Petugas di loket satu menyuruh saya untuk melengkapi syarat pendaftaran, yaitu surat keterangan sehat dari dokter.
Nah disini masalahnya, dokter umum yang biasa bertugas di Polres Badung, sekarang tidak ada, karena katanya kontraknya tidak diperpanjang, jadi saya harus mencari surat itu dari luar Polres Badung, bisa dari dokter mana saja katanya (dokter umum, puskesmas, rumah sakit dll).

Akhirnya saya muter-muter dalam radium 5 km dari Polres Badung untuk mencari dokter umum yang sudah buka di jam sepagi ini. Setelah putar-putar sekitar 1/2 jam tidak menemukan. Akhirnya saya kembali ke Polres Badung dan menanyakan dimana kira-kira ada dokter yang buka sepagi ini. Ini mustinya saya lakukan sebelumnya muter-muter ... :)
Ternyata tidak jauh dari Polres Badung ada mini market yang tepat disebelahnya (lebih tepatnya di pinggir tempat parkirnya) ada dokter umum yang sudah buka dari jam 8.00. Dan sepertinya memang dimaksudkan untuk keperluan para pembuat SIM ... coba tahu dari tadi .. :)
Disini saya ditarik bayaran Rp 25.000,- hanya di periksa tekanan darah.

Dari ini saya kembali ke Polres Badung, disuruh ke loket BRI yg ada dalam komplek Polres Badung untuk membayar perpanjangan. Biayanya RP 80.000,-

Kemudian saya mengisi form pendaftaran yang bisa diminta (gratis) di meja informasi. Setelah lengkat semua form ini berserta SIM asli, surat dokter, foto copy KTP & bukti pembayaran ke BRI di serahkan ke loket 1 (pendaftaran).

Menunggu sebentar, saya dipanggil ke loket 2 (perbaikan), disini semua berkas saya sudah dimasukkan kedalam satu map, jika ada yang kurang atau salah akan diperbaiki di loket ini. Karena saya beruntung, tidak ada yang salah atau perlu dilengkapi. Jadi saya hanya tinggal membawa map tsb ke loket 3.

Di loket 3 saya menyerahkan map tsb ke petugas komputer yang akan mengecek data yang ada, apakah masih sesuai atau ada yang perlu dirubah atau diperbaiki.

Karena tidak ada yang perlu dirubah atau diperbaiki, maka saya membawa map itu ke loket 4 untuk difoto dan diambil sidik jarinya. Disini pun tidak menuggu terlalu lama.

Setelah difoto dan diambil sidik jarinya, kita tinggal menyerahkan map ke loket 5 (pencetakan SIM). Dan tidak berapa lama (hanya sekitar 5 menit) nama kita dipanggil untuk mengambil SIM.

Ternyata total prosesnya cukup singkat dari loket 1 dst, hanya perlu waktu kurang dari 1/2 jam ... :) waktu yang sama untuk muter-muter cari dokter ... :)

Dan setelah saya perhatikan didinding tiap loket, ada tempelan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk tiap loket dan perkiraan total waktu yang dibutuhkan untuk tiap jenis SIM (A, C, B1 dll). Sebuah kemajuan yang cukup berarti ...

Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.

Perpanjangan SIM dilayanan SIM keliling di Carrefour Denpasar

Berikut pengalaman saya melakukan perpanjangan SIM C dilayanan SIM keliling di Carrefour Denpasar (Jl Sunset Road) sekitar bulan Januari 2010:
1. Ambil formulir, sambil menunjukkan SIM lama dan foto copy KTP/asli: Tidak dipungut bayaran
2. Periksa dokter umum, yang sudah stand-by disanan. Hanya di check tekanan darah saja: Bayar Rp 25.000,-
3. Bayar biaya pembuatan SIM: Rp 75.000,-
4. Tanda tangan, cap jempol, photo: Tidak dipungut bayaran

Prosesnya cukup singkat, karena waktu itu tidak ada banyak pengunjung, hanya sekitar 15 menit.

Catatan:
1. Hanya perpanjangan SIM A & C saja yang dilayani.
2. Berita terakhir, di Carrefour Denpasar tidak lagi menggunakan mobil SIM keliling, tapi sudah dibuatkan loket khusus (ber-AC) untuk melayani perpanjangan SIM ini. Hanya saja saya belum pernah mencoba.
3. Anda juga dapat melihat artikel saya mengenai perpanjangan SIM di Perpanjangan SIM di Polres Badung

Semoga bermanfaat.